Jakarta, Liga178 NewsPengamat social media akun Instagram baru-baru ini, mengalami peretasan akun yang menyebabkan kerugian besar. Kasus peretasan akun Instagram untuk menyebarkan Hoaks atau iklan palsu yang menguntungkan.

Bocornya kata kunci pengguna akun bisa saja disebabkan oleh beberapa factor. Beberapa factor Peretasan biasanya oleh malware, password dicuri, hingga phising.

  1. Phising

Penyebab ini adalah Teknik penipuan dengan memancing korban, agar memasukan data-data pribadi akun. Mereka memasukan akun dan kata kunci di situs palsu. Biasanya mereka mengunakan peretasan laman yang mirip dengan kredensial seperti situs gmail tiruan.

  1. Menebak Password

Meretas akun dengan menebak akun password orang bisa dilakukan dengan satu orang. Yang sama diberbagai akun. Sehingga jika ada satu akun yang bocor dengan secara mudah.

  1. Malware

Kata kunci yang sangat mudah diretas yaitu dengan perangkat komputer terkena software jahat (malware). Trojan merupakan Teknik menyusupkan malware virus ke perangkat pengguna dengan menyamar. Biasanya perangkat lunak terinfeksi ini tidak tersedia di toko aplikasi resmi.

Keylogger akan mencuri data-data penguna dengan merekam, apa yang diketikkan pengguna di kibor komputer. Dan mengirimkan nya ke peretas pusat, hingga berunjung pada Hack akun.

Pihak Instagram sendiri menyarankan agar pengguna lebih berhati-hati. Dan menyalakan TFA yaitu Two Factor Authentification. Fungsi ini berguna untuk otentifikasi dan mengirimkan kode khusus ke nomor telepon saat penguna masuk ke akun miliknya.

Apabila system kami mendeteksi upaya log-in yang mencurigakan, maka akun akan secara otomatis di lock. Dan akan di otentifikasi melalui kode verifikasi ke nomor penguna. Itu kata pemilik Instagram.