Kalimantan – Pembangunan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) memiliki panjang 99,35 km akan selesai tahun ini.

Jalan baru ini di harapkan mampu mendorong ekonomi daerah menjadi lebih baik lagi. Tol ini diharapkan mampu memangkas biaya logistik barang dan jasa yang semakin cepat antara dua kota tersebut. Perjalanan antar kedua wilayah dapat ditempuh hanya dalam waktu singkat 1 jam, dari semula waktu 3 jam.

Tol pertama di Kalimantan ini terbagi menjadi lima seksi, yaitu :

Seksi l ruas Balikpapan – Samboja sepanjang 22,03 km.

Seksi II ruas Samboja – Muara Jawa sepanjang 30,98 km.

Seksi III ruas Muara Jawa – Palaran sepanjang 17,50 km.

Seksi IV ruas Palaran – Samarinda sepanjang 17,95 km.

Seksi V ruas Balikpapan – Sepinggan sepanjang 11,09 km.

Berdasarkan monitoring konstruksi per 21 Juni 2019, saat ini progres konstruksi Tol Balikpapan – Samarinda secara keseluruhan telah mencapai sebesar 90,19%.

Untuk seksi I dan V saat ini progres konstruksinya mencapai 92,91 persen. Seksi II, III dan IV saat ini progres konstruksinya telah mencapai 92,51 persen.

Kepala Badan Pengatur Jalan TOL ( BPJT ) Kementrian PUPR Danang Perikesit mengatakan, Tol Balsam diharapkan dapat dioperasikan akhir tahun ini.

Tol Balikpapan-Samarinda juga menjadi akses penghubung Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan. Akses menuju bandara ini dapat ditempuh dalam waktu 15-20 menit dengan melewati Seksi V ruas Balikpapan-Sepinggan yang hanya berjarak sekitar 8 km dari bandara tersebut.

Tol ini pun akan segera beroperasi tidak lama lagi. Jadi bagi kalian yang suka untuk berjalan-jalan tidak usah lagi pusing karena perjalanan yang jauh loh.