Jakarta, Liga178 – Mungkin di Awal tahun 2019 banyak sekali fenomena yang sudah terjadi di dunia, akan tetapi sekarang ini akan adanya Gerhana Matahari Cincin. Yang dapat Di penghujung pergantian tahun in dan tentunya dapat di saksikan masyarakat Indonesia untuk menikmati fenomena alam berupa gerhana matahari cincin.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyebutkan momen Matahari ditutupi oleh Bulan tersebut akan berlangsung pada 26 Desember 2019. Munculnya, gerhana matahari ini juga bertepatan dengan peringatan 15 tahun tsunami Aceh.

Kejadian alam ini sangat langka terjadi di Indonesia. Oleh karena itu, dapat dijadikan event yang dapat menjadi wisata astronomi sekaligus edukasi masyarakat,” ujar Plh Kepala Biro Kerja Sama, Humas, dan Umum LAPAN Jasyanto, Rabu (18/9/2019).

Berbeda dengan gerhana matahari total di mana Bulan menutupi Matahari secara sempurna, maka saat gerhana matahari cincin, satelit alami milik Bumi tersebut tidak sepenuhnya menghalangi Matahari, sehingga memunculkan bentuk serupa cincin di sekeliling Bulan.

Gerhana matahari sebagian akan jadi awal perjumpaan pada pukul 10:22:38 WIB, sebelum puncak terjadi gerhana matahari cincin yang sekitar hampir dua jam kemudian. Adapun gerhana matahari cincin ini hanya berlangsung singkat, yakni dua menit saja.

Berikut tahapan terjadinya gerhana matahari cincin seperti yang sudah disampaikan LAPAN:

Mulai gerhana sebagian 10:22:38
Mulai gerhana cincin 12:15:54
Puncak gerhana cincin 12:17:43
Gerhana cincin berakhir 12:19:33
Akhir gerhana sebagian 14:13:52

Jadi jangan sampai ketinggalan nih warga Indonesia, karena moment ini tidak akan ada atau jarang sekali di temukan dalam setiap tahun nya loh.