Jakarta, Liga178 News — China memutuskan menghentikan sementara penerbitan izin dan menutup jalur pendakian ke Gunung Everest untuk mencegah penyebaran virus corona.

kebijakan itu diterapkan oleh China menjelang musim pendakian yang biasanya berlangsung mulai April.

Jalur pendakian Gunung Everest dari sisi Nepal dilaporkan masih tetap terbuka. Namun, sejumlah perusahaan jasa ekspedisi menyatakan ada beberapa klien mereka yang memutuskan membatalkan perjalanan.

Jika ada yang masih ingin melanjutkan pendakian, maka mereka diminta melampirkan laporan perjalanan 14 hari sebelumnya dan salinan rekam medis.

Perusahaan ekspedisi lainnya, Alpenglow Expeditions, menyatakan sudah membatalkan jadwal pendakian mereka untuk Gunung Everest.

Musim pendakian di Everest biasanya berlangsung antara akhir April sampai akhir Mei. Ratusan pendaki dari seluruh dunia biasanya memenuhi pos utama pendakian setiap tahun untuk menjajal menjejakkan kaki di titik tertinggi di Bumi.

Pada 2019, sempat terjadi antrean 885 pendaki di jalur pendakian Everest. Sebanyak 644 berangkat dari sisi Nepal dan 241 naik dari sisi utara Tibet.