Liga178 News, Indonesia – Kepulangan 238 WNI yang telah selesai menjalani observasi selama 14 hari setelah dijemput dari Wuhan, China akan dipulangkan dari Natuna melalui Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (15/2/2020) siang.

Insiden telah membuat warga Natuna yakni bahwa saudara-saudara mereka itu datang sama sekali tidak membawa virus corona yang berbahaya. Tak hanya pada warga natuna, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto juga tak kalah antusiasnya ingin betemu sekaligus melepas keberangkatan WNI dari Wuhan untuk menuju Jakarta.

Sekertariat Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Achmed Yurinto mengatakan, WNI yang dipulangkan ke Indonesia sampai saatini masih dinyatakan negafit dari virus corona. Untuk memastikan WNI asal Wuhan tak terpapar virus apa pun, rangkaian proses pemulangan, akan di mulai dengan pemeriksaan kesehatan terkahir pada Sabtu pagi.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi ikut memberikan jaminan atas kesehatan dari 238 warga Negara Indonesia (WNI) yang selesai telah menjalani masa observasi di Kepulauan Natuna, Kepulauan Riau. Jokowi menegaskan saudara sebangsa dan setanah air itu dalam keadaan sehat dan tak terkapar virus corona.

Untuk itu, dihimbau masyarakat tak akan takut dan khawatir apabila 238 WNI tersebut akan dipulangkan ke kampung halaman dan berbaur dengan warga sekitar. Dan tidak ada lagi alasan untuk memelihara rasa takut. Pemerintah sepakat memberikan bantuan biaya penginapan dan transportasi sehingga saudra-saura tidak mengalami kesulitan untuk menuju ke kampung halamnnya.