Jakarta, Liga178 News – Direktur komunikasi indonesia indicator, rustika herlambang mengungkap aksi demokrasi  mahasiswa dan anak STM, turut dapat perhatian dari netizen milenial.

Rustika mengatakan pihaknya mencatat perhatian netizen milenial mencapai 91 persen dalam kurun waktu 24-25 september 2019. Keikutsertaan ini terjadi lantaran karakter mereka yang suka mengikuti tren hingga inggin menjadi bagian dari perubahan.

milenial suka mengekplorasi hal yang baru. Beraktivitas di luar bersama sama menjadi hal yang menari, selian untuk menyuarakan apa yang terjadi pemikiran meraka,”

Rustika memaparkan saat ini percakapan mengenai kelompok aksi mahasiswa  relative organic, mengomentari berbagi hal dalam aksi sehingga mencuitkan berbagai postingan kekerasan yang dilakukan oleh apparat.

Dalam pembicaraan di media social, kelompok kontra pemerintah terlihat turut aktif mendukung kelompok aksi mahasiswa.

Kendati demikian, rustika mengungkapkan ada perbedaan wacana. Ada kelompok yang lebih banyak menurunkan apparat serta terus menerus tagar #turunkanjokowi.

akun yang membuat ini jumlahnya sedikit, namun ceritanya sangat aktif,”

Hasil analisis mencatat aksi mahsiswa pada 24 september, terdapat satu suara namun berbeda kubu. Warganet yang pro mahsiswa sebanyak 81,8 persen dengan akun akun pada kelompok ini tertarik pada foto dan video amtir dari aksi masa yang berlangsung.

Akun ini pun secara umum menunjukan kekecewaan pada Lembaga DPR RI. Sementara itu, kelompok kontrak pemerintah 18,2 persen yakni kelompok yang ikut mendukung aksi mahasiswa.

Namun, cenderung terlihat lebih menyalahkan Jokowi dalam akun tersebu. Tegar #saatnyapeoplepower dan #turunkanjokowi digangungakn oleh kelompok ini.

Rustika mencatat dalam kurun waktu 22-26 september 2019, total percakapan mencapai 572.951 kicauan dari 148.744 akun manusia sebanyak 142.377 atau sekitar 95,7 persen. Sedangkan akun robot 6.367 atau 4,3 persen.

Sebaran gender sendiri sebanyak 43,7 persen akun perempuan dan 56,3 persen akun laki laki