Jakarta, Liga178 NewsLembaga penerbangan Antariksa Nasa Nasional (LAPAN), sedang memberitahukan bahwa akan terjadi Gerhana Matahari. Lebih tepatnya pada tanggal 26 Desember 2019, sayangnya wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi (Jabodetabek) tidak bisa menikmati fenomena alam tersebut.

Akan tetapi bagi masyarakat Jabodetabek tak perlu berkecil hati. Pasalnya Fenomena ini bisa akan tetap bisa diamati mulai pukul 10.43 WIB saat fenomena Gerhana Matahari sebagian dimulai.

Fenomena kemudian akan berakhir pada pukul 14.52 WIB setelah Bulan melewati Matahari.

Tiap kota waktunya akan berbeda-beda. Gerhana Matahari Cincin akan diamati di Sumatera Utara, Riau, Kepualauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan juga Kalimantan Timur.

Gerhana Matahari Cincin merupakan gerhana yang terjadi ketika bayangan bulan hanya menutupi sebagian tengah matahari. Sehingga menutupi bagian tengah Matahari. Sehingga menyisakan bentuk cincin api di sekeliling bayangan bulan.

Gerhana Matahari terjadi ketika bulan berada tidak tepat ditengah-tengah garis antara matahari dan bumi. Sehingga hanya menutupi sebagian matahari saja.