Jakarta, Liga178 NewsKasus baterai menggembung kerap sekali terjadi, cara pencegahan serta rutin merawat dapat menghindari dari mara bahaya. Namun Cara Merawat Baterai dengan kondisi yang tidak aman digunakan, dapat menyebabkan rawan dari ledakan.

Baterai terdiri dari berbagai komponen kimia. Sehingga membutuhkan perhatian khusus terhadap perawatan, serta menangani nya. Apalagi baterai sudah dalam kondisi yang tidak wajar, seperti mengelembung.

Misalkan pada suhu ruangan, dalam lingkungan suhu tinggi. Dan dapat mempercepat laju arus Baterai Kembung menjadi lebih rentan rusak. Terdapat sejumlah penyebab umum, yaitu karena mengalami overcharge. Atau yang disebut sebagai pengisian daya kelebihan.

Kondisi tersebut memang mempercepat reaksi parasite antara elektroda dan elektrolit. Sehingga mengesek dan bekumpul dibaterai baik Hp atau Laptop.

Baterai yang buruk juga turut mempengaruhi baterai dapat menjadi kembung. Hal ini bisa cepat terjadi pada reaksi tidak asli. Untuk Mencegah hal tersebut, pastikan mengunakan baterai dengan merek asli sesuai ponsel untuk menjamin kualitas.

Cara Mencegah :

  1. Gunakan baterai dan alat pengisi yang sesuai dengan ketentuan perangkat arus listrik stabil.
  2. Beli pengisi daya baterai dengan kualitas terjamin. Jika tidak memiliki charger bawaan ponsel. Kualitas baterai akan mudah turun jika kebiasaan tersebut diulang-ulang.
  3. Pengunaan mengisi baterai sepanjang hari, juga harus dihindari. Kualitas baterai akan mudah turun jika kebiasaan tersebut dilakukan berulang-ulang kali.

Baterai yang sudah menggembung, sebaiknya jangan tunggu lama lagi. Segera lah untuk melakukan pengantian baterai yang asli seperti merek ponsel atau laptop anda. Agar belum mengalami kerusakan pada komponen dalam ponsel atau laptop anda.