Home Berita Viral Sirkuit Formula E Sudah Siap Di Gunakan Awal Bulan Maret

Sirkuit Formula E Sudah Siap Di Gunakan Awal Bulan Maret

0

Jakarta, Liga178 News – Perhelatan balap Formula E bakal digelar Juni mendatang. Pengaspalan sirkuit balap secara menyeluruh akan dimulai bulan depan.

Pengaspalan di kawasan perhelatan Formula E Jakarta dijadwalkan Maret 2020 selama 1,5 bulan,” kata Deputi Bidang Teknis Formula E Jakarta, Wisnu Wardhana, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (22/2/2020).

Wisnu menerangkan, dalam uji coba pengaspalan yang sudah dimulai ini berada dalam pengawasan FEO (Formula E Operation). Sehingga dalam pengerjaan untuk pembuatan aspal lintasan secara menyuluh, akan memerhatikan aspek lingkungan di area balap.

Karena sejatinya perhelatan ini adalah untuk mengampanyekan kepedulian terhadap lingkungan. Ajang ABB FIA Formula E Championship di Jakarta, atau Jakarta E-Prix, digelar pada 6 Juni 2020,” tuturnya.

Aspal sirkuit Formula E yang sudah terpasang melapisi cobblestone blok batu di Monas nantinya akan dikelupas lagi. Wisnu mengatakan, bongkar pasang di atas blok batu hal yang lumrah, terlebih mekanisme itu juga pernah dilakukan saat Formula E digelar di Paris, Prancis.

Di Paris, sirkuit Formula E mengitari situs Les Invalides yang umurnya 350 tahun. Maka setiap selesai gelar Formula E, aspalnya dikelupas dan kembali seperti sedia kala,” paparnya.

Berikut fakta pelapisan aspal di atas blok batu Monas versi Formula E Jakarta:

1. Lumrah terjadi di beberapa sirkuit Formula E, di antaranya Paris dan Roma.
2. Dikerjakan di atas hamparan seluas 32.000 m2 dari keseluruhan 68.176 m2 area cobblestone
3. Untuk lintasan membentang dari menjelang Tikungan 9, 10, 11, 12, 1, hingga selepas tikungan 2
4. Untuk kawasan, hamparan membentang dari bagian Barat Daya, Barat, Selatan, sedikit Timur, hingga Tenggara Silang Monas
5. Lapisan di atas cobblestone: geotextile (tipis), aspal kasar (9 cm), aspal halus (4 cm)
6. Lapisan di atas cobblestone: sand sheet (2 cm), aspal kasar (7 cm), aspal halus (4 cm)
7. Khusus di bagian Barat Daya, ada slope (lereng) aspal penyeimbang ketinggian hingga tidak terlalu terjal. Slope akan membentang 40 meter dari batas cobblestone dengan aspal. Ini adalah permintaan FIA terkait safety
8. Setelah digunakan untuk Formula E, lapisan aspal dapat dikelupas dan aspalnya bisa digunakan kembali untuk kebutuhan lain.

Exit mobile version