Home Berita Viral Satu Warga Pontianak Diisolasi Tahap Pengawasan Virus Corona

Satu Warga Pontianak Diisolasi Tahap Pengawasan Virus Corona

0
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Kalbar, Harrison mengkonfirmasi saat ini ada satu warga Pontianak yang berstatus dalam tahap pengawasan virus corona.

Liga178 News, Pontianak – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Kalbar, Harrison mengkonfirmasi saat ini ada satu warga Pontianak yang berstatus dalam tahap pengawasan virus corona atau pneumoni novel corona.

Dengan mengungkapkan pasien tersebut merupakan warga Pontianak yang baru saja pulang dari Kuala Lumpur, Malaysia yang tiba pada Jumat (31/1) kemarin dan saat ini tengah dalam perawatan di ruang isolasi RSUD Soedarso.

Harrison menjelaskan bahwa pasien tersebut saat ini belum dapat dipastikan positif atau negative dengan mengidap virus corona. Hanya saja yang bersangkutan memiliki gejala yang mirip sekali dengan birus corona yang pertama kali ditularkan dari negeri tirai bambu tersebut yang menimpa warga Pontianak ini.

Harrison memaparkan setidaknya ada empat tahapan dalam menentukan apakah seseorang bisa dikatakan positif dan negative dengan mengidap virus corona. Yakni dengan tahap pertama dengan pemantauan yaitu dimana seseorang mengidap gejala batuk, flu, serta pada penumoni.

Kedua yaitu ketika seseorang memiliki gejala penyakit seperti ditahap satu, ditambah memiliki riwayat perjalan luar negeri terutama dari Negara yang terjangkit tersebut. Ketiga tahap probable yakni adanya kejanggalan dan harus dilakukan pemeriksaan konfirmasi laboratorium terlebih dahulu.

Keempat adalah tahap konfirmasi dimana keputusan akhir apakah seseorang positif atau negative terkena virus corona. Dan hingga saat ini data spesifik terkait pemeriksaan pasien yang dilakukan pengawasan tersebut sudah di kirim ke Jakarta untuk dipastikan oleh Menkes Pusat.

Exit mobile version