Home Finansial Progres Perang Dagang, Tarif Daging Babi akan di Hapus

Progres Perang Dagang, Tarif Daging Babi akan di Hapus

0
Progres Perang Dagang, Tarif Daging Babi akan di Hapus

Jakarta, Liga178 News– China berencana menghapus tariff impor sejumlah barang dari Amerika Serikat (AS), seperti kedelai dan daging babi. Langkah ini dinilai menjadi nilai positif dalam pembahsan perundingan perang dagang dengan lawannya tersebut.

Kementerian Keuangan China mengungkapkan bakal membebaskan Bea masuk apabila importer mengajukan permohonan pembebasan tarif impor. Namun,tidak dirinci barang-barang dikecualikan pembebasan tariff impor.

Akibatnya, petani kedelai AS juga yang mengeluhkan pukulannya. Apalagi, China adalah pasar terbesar AS sebelum perang dagang berkumandang. Tahun lalu saja, ekspor kedelai AS ke China turun menjadi US$3,1 miliar, merosot jauh dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar US$12,2 miliar.

Tak cuma pedagang kedelai, pedagang daging babi AS juga khawatir mereka kehilangan pasar di China yang sedang menggeliat di tengah wabah demam babi Afrika.

Beberapa pekan terakhir, harga daging babi di China sendiri melonjak lebih dari dua kali lipat. Memang, harga mulai turun, tetapi kekhawatiran harga melonjak masih ada jelang musim libur Natal dan Tahun Baru.

Para perunding AS dan China saat ini masih berupaya mencapai kesepakatan dagang. Kedua pihak akan berunding pada 15 Desember nanti, ketika tarif baru AS terhadap barang-barang China dimulai.

Analis pesimis perkembangan perundingan perang dagang akan terjadi jelang libur akhir tahun. Meskipun, perundingan tidak akan komprehensif, setidaknya tidak akan terjadi pukulan dalam waktu dekat.

“Pasar tidak berharap terjadi putaran tarif berikutnya, tetapi juga skeptis melihat kesepakatan fase satu jelang libur Natal ini,” imbuh Edward Moya, Analis Pasar di OANDA.

Exit mobile version