Home Berita Viral Jet Tempur Chengdu J-10 China Terobos Zona Pertahanan Taiwan

Jet Tempur Chengdu J-10 China Terobos Zona Pertahanan Taiwan

0

Jakarta,Liga178News– Jet Tempur Chengdu J-10 China dilaporkan menerobos Zona identifikasi Pertahanan Udara Taiwan (Adiz). Manuver itu dilaporkan terjadi pada Selasa 16/6 pagi.

Jet Tempur milik Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China itu mesti diberi peringatan dua kali sebelum meninggalkan lokasi.

Penerobosan wilayah ini bukan yang pertama kali dilakukan militer China terhadap Taiwan, wilayah yang dianggap Beijing sebagai pembangkang karena berkeras ingin memerdekakan diri.

Pesawat transportasi PLA Yun-8 melintasi garis tengah di Selat Taiwan melewati batas wilayah udara tidak resmi antara kedua pihak.

Kementrian Pertahanan Taiwan mengatakan bahwa pihaknya telah mendeteksi manuveer China tersebut dan merespons dengan menerbangkan jet tempur untuk memberikan peringatan.

Beberapa pekan sebelumnya pesawat tempur China jenis SU-30 dikabarkan memasuki wilayah udara Taiwan dalam waktu singkat.

Pada Maret lalu, dua jet tempur j-11 China juga melewati garis tengah di Selat Taiwan pertama kalinya dalam beberapa tahun terakhir.

Jet jet tempur China juga pernah melintasi wilayah Taiwan pada Februari lalu, tepatnya garis tengah Selat Taiwan yang memisahkan wilayah itu dengan daratan Negeri Tirai Bambu.

Ketegangan antara Beijing dan Taipei terus memanas terutama setelah Presiden TaiwanTsai Ing-Wen menjabat, Tsai merupakan pemimpin pro-demokratis yang berkeras akan membawa Taiwan merdeka dari China.

Exit mobile version