Home Berita Viral Ditemukan Empat Spesies Baru kumbang Dari Maluku Utara

Ditemukan Empat Spesies Baru kumbang Dari Maluku Utara

0
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) meneliti empat spesies baru Kumbang

Liga178 News – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) meneliti empat spesies baru Kumbang Chafer ditemukan di Maluku Utara.

Kumbang dengan nama latin Coleoptera: Scarabaeidae dari genus Epholcis ditemukan oleh Peneliti Pusat Penelitian Biologi LIPI, Raden Pramesa Narakusumo bersama Michael Balke dari Zoologische Staatssammlung München.

Keempat spesies baru tersebut adalah Epholcis acutus, Epholcis arcuatus, Epholcis cakalele, dan Epholcis obiensis. Selanjutnya satu lectotipe yaitu Maechidius moluccanus Moser, dipertelakan kembali dan dipindahkan (synonymy) ke marga Epholcis sebagai Epholcis moluccanus (Moser).

tersebut adalah Epholcis acutus, Epholcis arcuatus, Epholcis cakalele, dan Epholcis obiensis. Selanjutnya satu lectotipe yaitu Maechidius moluccanus Moser, dipertelakan kembali dan dipindahkan (synonymy) ke marga Epholcis sebagai Epholcis moluccanus (Moser).

“Dari bukti ini terlihat kesenjangan utama spesies Epholcis di wilayah Papua karena belum pernah ada laporan sebelumnya. Kemungkinan karena pendeskripsian beberapa spesies Epholcis sebagai Maechidius masih kurang seksama, adanya kemiripan kedua kumbang tersebut dan kurangnya pengumpulan spesimen,” ujar Pramesa dalam keterangan resmi.

Exit mobile version