Home Berita Viral Ahli Ungkap Pengaruh Suhu Panas Terhadap Virus Corona di RI

Ahli Ungkap Pengaruh Suhu Panas Terhadap Virus Corona di RI

0
Peneliti mikrobiologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Sugiyono Saputra menyatakan temperatur atau suhu dan kelembaban udara dapat mempengaruhi penyebaran virus corona

Liga178 News – Peneliti mikrobiologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Sugiyono Saputra menyatakan temperatur atau suhu dan kelembaban udara dapat mempengaruhi penyebaran virus corona SARS-CoV-2.

Menurutnya, analisis sebuah studi mengatakan ketahanan virus Covid-19 semakin berkurang dalam temperatur atau suhu panas dan kelembaban tinggi.

“Memang ada beberapa studi yang menyatakan bahwa temperatur dan kelembaban udara dapat mempengaruhi penyebaran Covid-19. Pernyataan tersebut merupakan hasil analisis dari jumlah penderita Covid-19 di berbagai negara yang dikaitkan dengan kondisi lingkungan setempat,” ujar Sugiyono

Sugiyono menuturkan secara umum kasus Covid-19 saat ini terkonsentrasi di belahan bumi utara yang sedang mengalami musim dingin dengan temperatur di bawah 18 derajat celcius dan kelembaban kurang dari dari 9 g/m3.

Sehingga, dia berkata muncul dugaan bahwa virus corona baru tidak akan bertahan lama di daerah tropis yang memiliki suhu panas dan kelembapan tinggi.

Sugiyono juga mengatakan dalam studi menyebutkan ketahanan virus yang menurun akibat temperatur dan kelembaban yang tinggi secara otomatis membuat penyebaran diprediksi akan semakin melambat.

Namun ia juga mengingatkan bahwa studi ini masih perlu dikaji lagi, terutama karena perkembangan terkait Covid-19 juga cepat berubah.

Lebih lanjut, Sugiyono mengatakan virus yang sudah masuk ke dalam tubuh tidak akan terpengaruh dengan temperatur dan kelembaban lingkungan. Dia mengatakan temperatur dan kelembaban tinggi hanya menurunkan ketahanan virus di luar tubuh.

Exit mobile version