Home Kesehatan 3 Dampak Buruk Hand Sanitizer Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

3 Dampak Buruk Hand Sanitizer Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

0

Liga178 News, Jakarta – Dampak buruk hand santizer bagi kesehatan mungkin belum banyak dikettahui. Sebagai alternatif yang dari mencuci tangan dengan sabun yang lebih praktis.

Tentunya sebagai alternatif yang lebih praktis dalam mencuci tangan hand sanitizer sangat baik digunakan.

Namun penggunakan Hand Sanitizer yang terlalu berlebihan dapat mengakibat kan berbagi efek negative bagi tubuh. Walaupun memang lebih praktis dibawa – bawa dan di gunakan, Hand Santizer mengandung alcohol sebagai antiseptic, atau seabgian Hand Sanitizer mengandung antibiotic yang di sebut dengan triclosan.

Berikut dampat yang akan terjadi jika terlalu menggunakan Hand Sanitizer yang terlalu berlebihan :

  1. Melemahkan Sistem Imun

Dampak buruk Hand Sanitizer bagi kesehatan yang pertama adalah dapat menurunkan kekebelan tubuh. Alcohol serta triclosan yang terkandung pada setiap produk Hand Sanitizer selain membunuh kuman atau mikroba juga dapat membuat bakteri baik ikut berkurang. Jika bakteri baik pada kulit berkurang maka tubuh akan lebih mudah terserang penyakit.

  1. Menyebabkan masalah pada Kulit

Terlalu sering menggunakan Hand Sanitizer juga tidak baik bagi kesehatan kulit. Kulit yang terpapar alkohol terus menerus mengakibatkan iritasi kulit. Kulit pun menjadi rentan terkena keriput.

  1. Mengandung Bahan Kimia

Dampak buruk Hand Sanitizer bagi kesehatan berikutnya adalah mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh. Senyawa kimia sintetis yang disebut phthalate merupakan pewangi dari gel pembersih tangan ini. Cairan ini tidak berbau sebagai agen pelarut yang baik dan murah untuk parfum.

Exit mobile version