Jakarta, Liga178 News – Yusuf Azhar (21) tak bisa bersantai lama-lama usai selesai menjalni observasi terkait virus corona di Natuna, Kepulauan Riau dan pulang ke kediamannya di Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.

“(Senin) sudah mulai kelas daring (online) pukul 07.00 WIB pagi, mungkin di sana (Wuhan) pukul 08.00,” ujar putra dari pasangan Cik Nang dan Apriliya, Minggu (16/2) dilansir dari Antara.

Yusuf mengatakan, dirinya belum pernah melakukan perkuliahan secara daring selama enam bulan menjadi mahasiswa di Trading International Center China Normal Universitas Wuhan. Perkuliahan secara online tersebut dilakukan karena kondisi China yang kini tengah dilanda wabah virus corona.

Meski kurang nyaman dengan metode perkuliahan daring, tapi terpaksa ia lakoni demi menyelesaikan studi.

“Studi daring agak terganggu karena video call saja, tidak ada suasana di kelas, guru berbicara dan tidak tatap muka langsung dengan yang lainnya,” kata Yusuf.

Dia belum tahu kapan akan kembali ke Wuhan. Namun yang jelas jika China sudah terbebas dari virus corona, dia akan siap kembali untuk menyelesaikan studinya.

“Jika China pulih kembali, saya siap berangkat untuk melanjutkan studi saya,” tuturnya.

Yusuf merupakan salah satu WNI yang dievakuasi pemerintahan Indonesia dari Wuhan, China, awal Februari lalu karena penyebaran virus corona. Setelah itu ia bersama ratusan WNI lain menjalani karantina di Natuna selama 14 hari.