Jakarta, Liga178 News – Berita yang menghebohkan, datang dari bahayanya ketika nyala ac selesai parkir mobil. Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan yaitu ketika mobil diparkir lama pada sengatan sinar matahari. Langsung menyalakan AC atau pendingin ruangan, agar tidak kegerahan. Padahal hal itu tidak direkomendasikan bagi para penguna mobil.

Parkir terus-terusan dipaparan sinar matahari yang terik, sewaktu-waktu kabin mobil bisa berubah menjadi oven. Hingga suhunya sangat panas, dan butuh waktu yang cukup lama untuk bisa menetralkan nya. Apalagi untuk merubah suhu dari panas, menjadi normal tidaklah pasti.

Kebiasaan langsung menyalakan AC atau pendingin ruangan sangat membahayakan bagi sipengemudi, dan juga penumpang. Resiko terhadap kesehatan, pada embusan angina dari AC yang tercampur udara panas pada kabin. Dikatakan bisa menyebabkan pada pengaruh kanker bila terhirup oleh manusia. Pernapasan ini lebih dianjurkan, apabila tidak menyalakan AC ketika usai parkir diterik matahari.

Dikutip dari label merk mobil ternama di Indonesia, radiasi pada sinar matahari bisa menyebabkan reaksi kimia berlebih. Diantaranya seperti material plastik, pengharum ruangan, bahkan pada pelapis jok dan juga bahan lain dikabin mobil. Udara panas bisa memicu zat baru, yaitu Benzena dan racun pengidap kanker, karsinogen dan bahaya nyalakan AC lainnya.

Benzena itu dapat meracuni tulang, selain itu juga menyebabkan anemia dan menurunkan jumlah sel pada darah putih. Kalau sering menghirup Benzena dalam jangka waktu lama, ini akan menyebabkan Leukimia. Pada kejadian tersebut juga dapat mengakibatkan keguguran bagi ibu ketika hamil.

Tingkat Benzena didalam ruangan harus dapat ditoleransi pada manusia sebesar 50mg per ft2. Mobil yang terpakir didalam ruangan dengan jendela tertutup akan menghasilkan sebanyak 400-500 mg Benzena. Namun jika diparkir diluar ruangan dan dibawah sinar matahari pada temperature 15 derajat Celcius keatas, tingkatan Benzena akan meningkat mencapai 2000-4000 mg atau 40 kali lipat yang diterima oleh manusia.

Jelas ini sangat membahayakan sekali bagi pengemudi mobil, dan juga penumpang yang ada didalam kabin mobil. Solusi untuk mengatasinya, yaitu membiasakan ketika membuka semua jendela sebelum menyalakan AC atau pendingin ruangan mobil. Tujuannya adalah untuk udara didalam kabin bisa tersirkulasi. Bila perlu nyalakan AC beberapa saat sebelum penumpang masuk kedalam kabin.

Tindakan pencegahan nya yaitu, dengan memilih lokasi parkir yang teduh. Bila perlu tidak ada, kaca mobil yang bisa dibuka sedikit saat parkir. Namun pastikan semunya itu aman bila dilakukan.