Liga178New–Kurs rupiah beteger di posisi Rp.14.138 per dolar amerika serikat (AS) pada perdagangan pasar spot senin (14/10) pagi. Posisi ini menguat 0,08 persen disbanding penutup pada jumat(10/11) lalu yakni Rp14.150 per dolar AS

Pagi ini ,ayotitas mata uang utama asia menguat terhadap dolar AS. Tercatat won korea menguat 0,21 persen, dolar singapura 0,11 persesn dan peso Filipina 0,09 persen.

Penguatan juga terjadi pada yen jepang sebesar 0,02 persen, dan lira turki sebesar 0,24 persen.

Di negeri maju, nilai tukar mata udang terhadap dolar AS tercatat melemah, di antara dolar  kanada sebesar 0,10 persen, poindsterling inggris 0,42 persen, dlar Australia 0,26 perssesn, dan euro 0,15 persen.

Kepala riset PT monex investindo futures ariston tjendra ,mengungkapkan hasil kesepakatan parsial dari negosiasi dagang antara AS dan tiongkok minggu lali memberikan sentiment positif ke rupiah pada hari ini.

Namu, kesepakatan parsial tersebut masih perlu dituangkan dalam perjanjian yang masih memerlukan waktu sekitar 5 minggu.

Dalam kesepakatan parsial ini, AS sama sekali tidka menghapus tariff yang sudah dibebankan untuk barang-barang impor tiongko, yaitu sebesar25 persen, dan hanya menunda kenaikan tariff menjadi 30 persen yang seharusnya berlaku pada 15 oktober ini.

Karena jebijakan tersebut, ia neralkan situasi dagangantara AS dan china mungkin akan kembali a lot.

“menurut hemat saya, negosiasi dagang ke depan masih akan a lot dan bisa memberikan tekanan ke rupiah lagi,”

Rencanany, presiden AS Donald trump dan presiden china xi jin ping bakal bertemu untuk menandatangani kesepakatan tersebut.

Lebih lanju, ia memperkirakan rupiah berpotensi bergerak di kisaran Rp. 14.070 sampai debgab Rp14.170 hari ini.