Jakarta РPemprov DKI Jakarta memberikan penghargaan ke tiap pemerintah kota di DKI. Penghargaan itu bentuk apresiasi atas keikutsertaan tiap wilayah dalam rangka pawai obor elektrik menyambut tahun baru Islam 1441 Hijriah di pagelaran Jakarta Muharram Festival.

Kita bacakan pemenang dengan kategori yang beda-beda nih, ada enam kategori totalnya, dan hadiahnya juga nanti diberikan langsung oleh Pak Gubernur Anies Baswedan,” kata pembawa acara di Bundaran HI, Jakarta, Sabtu (31/8/2019).

Masing-masing pemkot mendapatkan penghargaan dengan kategori yang berbeda di Jakarta Muharram Festival. Penghargaan diberikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kepada masing-masing perwakilan pemkot.

Kategori penghargaan di antaranya:

– Kostum terbaik diterima oleh Jakarta utara

– Keserasian grup terbaik diterima oleh Kepulauan Seribu

– Harmonisasi musik terbaik diterima oleh Jakarta pusat

– Ekspresi terbaik diterima oleh Jakarta barat

– Koreografi terbaik diterima oleh Jakarta timur

– Penampilan terbaik diterima oleh Jakarta Selatan

Keenam wilayah itu juga mendapatkan hadiah masing-masing Rp 25 juta.

Sebelumnya Jakarta Muharram Festival ini sempat dimeriahkan oleh pawai obor elektrik. 4.000 obor dibawa oleh peserta yang berjalan longmarch dari Jalan Merdeka Barat, Silang Monas, hingga Bundaran Hotel Indonesia.

Penampilan para pembawa obor juga dimeriahkan oleh tabuhan ratusan rebana. Mereka berjalan sambil bersholawat. Sebagian ada juga yang menabuh drum band, tampak penampilan ondel-ondel pun turut memeriahkan pawai di belakangnya.

Anies mengundang warga Jakarta untuk ramai-ramai menghadiri Jakarta Muharram Festival yang akan digelar pada Sabtu (31/8/2019) malam. Menurut dia, Jakarta Muharram Festival merupakan sebuah pesta rakyat. “Kita mengundang seluruh warga Jakarta untuk bersama-sama merayakan tahun baru. Ini sebuah pesta rakyat, besok malam. Saya mengundang kepada semuanya,” kata Anies.

Anies mengatakan makna obor elektrik yakni ingin memadukan tradisi modern. Dia mengatakan tradisi pawai obor akan terus dilakukan mengikuti perkembangan zaman.

Perayaan malam hari ini bersama juga dengan pagelaran obor elektronik yang kita semua menyadari bahwa obor adalah bagian dari tradisi kita, kita ingin kirim pesan pada semua bahwa malam hari ini adalah perpaduan antara ekspresi modern, ekspresi tradisi, dan sama-sama memperkuat tali silaturahmi,” kata Anies dalam sambutannya di Bundaran HI, Jakarta, Sabtu (31/8/2019). “Insyallah tradisi obor bukan hanya kita jaga, tapi kita kembangkan sesuai kemajuan zaman,” imbuhnya.