Liga178 News, Indonesia – Pemerintah Indonesia mengumumkan jumolah pasien yang terinfeksi virus corona semakin bertambah, warganet meminta untuk wacana lockdown untuk mengatasi hal ini dan sempat menjadi perbincangan trending.

Berdasarkan pantauan tagar #LockDownIndonesia sempat menjadi trending topic Twitter Indonesia. Hingga lebih dari 20 ribu cuitan yang membahas hal tersebut. Virus corona menyebabkan banyak negara telah mengambil keputusan ini.

Warganet pun mendesak pemerintah Indonesia untuk segera memberlakukan kebijakan serupa guna mencegah bertambahnya jumlah pasien terinfeksi virus corona. Sejumlah negara yang terkena kasus virus corona telah melakukan isolasi atau lockdown negaranya.

Italia, Denmark, dan kota Manila di Filiphina, memutuskan untuk mengikuti kebijakan pemerintah Tiongkok mengisolasi episentrum penyebaran virus corona untuk mencegah lebih banyak korban akibat virus corona tersebut.

Indonesia dengan kasus pasien positif corona pada 9 Maret lalu tak memilih kebijakan isolasi atau lockdown. Meski penyebaran virus corona Indonesia meningkat kurang dari sepekan menjadi 69 kasus dengan 4 korban yang telah meninggal dunia.

Pilihan pemerintah tak memilih isolasi karena menimbang kepanikan masyarakat yang bisa terjadi bila lockdown dilakukan. Jokowi memutuskan penanganan korban corona dan mitigasinya kini diserahkan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana sebagai wabah pandemik.