Jakarta, Liga178 News – Youtuber di Indonesia yang sangat heboh di dunia maya yang bernama Nanda Gita ini langsung menjadi sorotan media. Dengan adanya penjualan nasi rames yang harga nya sangat tinggi bahkan setara dengan masakan hotel.

Nanda Gita yang sudah lebih dari 1 tahun tinggal di Belanda, ia sering membuat masakan Indonesia untuk di jual ke tetangga-tetangganya.

Nanda Gita warga asal Indonesia yang sudah menetap di kota Utrecht, Belanda sejak Maret 2018. Ia mendapat visa permanent residence. Selama 5 tahun dari sponsor pasangan, salah satu kegiatan harian nanda di belanda adalah masak. Ia membuat ragam masakan tradisional Indonesia untuk di jual ke tetangga tetangganya yang kebanyakan orang Belanda asli.

Dari beberapa video masakan, video berjudul “JUAL NASI RAMES DI BELANDA PAKE TELOR,BUNCIS,DAN PERKEDEL 13 PORSI HARGA SATU JUTA RUPIAH” paling banyak ditonton. Hingga berita ini ditulis, video sudah disaksikan 235 ribu kali.

“Hari senin itu jadwalnya masak untuk tetangga. Kebetulan hari ini yang pesen ada 13 porsi. Lauknya nasi rames, aku bikin Namanya nasi rames,”kata Nanda di awal video. Dapur mungilnya Nampak dipenuhi bahan-bahan masakan.

Nasi Rames yang ia maksud terdiri dari nasi putih, tumis buncis, perkedel kentang dan telur saus asam manis. “Nasi putih sudah ada 2,5 liter, perkedel kentang sudah aku bikin dari semalam dan daun bawangnya diganti bawang prei,” ujar Nanda. Sedangkan tumis buncisnya dicampur dengan kacang panjang.

Khusus untuk telur, Nanda sengaja tidak membuat telur balado.”Karena orang Belanda nggak suka pedes. Siasatnya aku bikin telurnya dengan telur asam manis, dengan tepung maizena.”lanjut Nanda.

Ia Nampak sigap mengolah semua isian nasi rames dalam waktu relative bersamaan. Misalnya saja ketika menyiapkan tumis buncis, ia juga menggoreng perkedel. Sesekali Nanda memberi tips masak untuk penontonya.

Untuk perkedel kentang, misalnya, ia memakai kentang khusus untuk mashed potato. Sayangnya tekstur kentang ini terlalu lembek. “Cara ngakalinnya, aku pakein tepung terigu dan tepung beras. Jadi nanti pas digoreng agak ngumpul, gak lembek banget,” Ujar Nanda.

Kemudian untuk telur saus asam manis, Nanda menggunakan bawang putih, bawang prei dan bawang Bombay. Penggunaan banyak bawang memberi rasa gurih enak pada masakan sekaligus memanjakan selera orang Belanda. Yang memang suka bawang. Bumbu lainnya adalah saus tomat, kecap manis dan tepung maizena.

Mengolah telur saus asam manis ini terbilang mudah, karena tinggal diaduk di wajan Bersama dengan bumbu sampai mengental. Selain itu, Nanda juga menyiapkan perkedel jagung dan bolu pisang gratis untuk pelanggannya di hari itu.

Paket nasi rames ini disiapkan Nanda untuk 13 porsi. Ia mendapat pemasukan 60 euro atau sekitar Rp 1 juta. “Modalnya kira-kira 20-25 euro, lebihnya 30 euro atau sekitar Rp 450.000 kali ini. Uangnya nggak aku pake apa-apa sih, aku tabung.” Kata Nanda.

Dari hasil tabungannya ini, Nanda ternyata sudah berhasil mengajak orang tuanya keliling 6 negara saat ke Belanda. Ia pun terus tekun mengumpulkan pemasukan tambahan dari kegiatan memasaknya ini.