Jakarta, Liga178nes —  kelompok analisis eksplorasi venus (VEXAG) mengusulkan pada NASA untuk mempertimbangkan misi ke venus sebab teknologi saat ini sudah memungkinkan.

VEXAG telah mempersentasikan  kemungkinan tersebut pada September lalu. Sudah banyak ilmuwan yang percaya bahwa venus pernah memiliki kondisi yang serupa dengan bumi saat ini karena jaraknya yang cukup deket dengan matahari, terdapat kemungkinan pernah ada air di sana.

 Dengan adanya misi ke venus tersebut, VEXAG percaya aka nada banyak informasi baru yang didapat. Salah satunya adalah petunjuk bagaimana planet tersebut dapat bertransformasi seperti saat ini.

“program mars telah mengikuti air dan terus mencari bukti kehidupa, tetapi mars hanya memiliki air cair yang ada di permukaanya selama beberapa ratus juta tahun.

Terdapat tiga proposal yang diajukan VEXAG pada NASA yakni DAVINCI untuk mengukur komposisi kimia venus selama penurunan.

Lalu ada VERITAS untuk memeriksa awa, kimia, dinamika dan permukaan venus dalam resolusi tinggi.

Para ilmuwan dalam kelonpok ini ingin mengetahui apakah venus mengadung air selama 3 miliar tahun dan bagaimana kondisi permukaan planet.

Misi terakhir NASA menuru orbit venus yakni pada oktober 1990 di knela dengan nama magekkab. Selain itu badan antariksa eropa juga pernah menjalankan misi serupa yakni venus express antara 2006 dan 2014 juga misi akatsuki milik jepang pada 2015.

Saat ini NASA tengah mempersiapkan misi selanjutnya bernama artemis dengan tujuan utama mengirim manusia ke mars. Misi ini diperkirakan akan terlaksana pada 2030 mendatang.