Liga178 News – Seorang pria asal China dilaporkan meninggal dan diketahui karena positif Hantavirus, pada Senin (23/3/2020) saat perjalanan ke Provinsi Shandong, China dengan menggunakan bus.

Melalui berita lokal Global Times, setelah meninggal pria itu segera diskrining untuk mengetahui penyakitnya, dan diketahui terinfeksi hantavirus. Kabar dari Pria dari China meninggal karena hantavirus ini pun tersebar luas, dengan muncul pesan teks di luar negeri yang menghubung-hubungkan penyakit ini dengan Covid-19.

“Ketika seluruh dunia masih menderita Virus Corona Covid-19, muncul virus lain, virus Hanta telah terdeteksi di China, disebabkan oleh hewan pengerat. Satu sudah meninggal dan beberapa orang dinyatakan positif,” bunyi pesan teks singkat tersebut.

Hantavirus merupakan bukan jenis penyakit baru, infeksi hantavirus dikenal telah terpapar cairan tubuh tikus seperti memegang urin, air liur, atau kotoran tikus yang mengandung hantavirus. Penyakit ini tidak mudah berpindah antar manusia, namun akan ditularkan melalui udara.

Gejala dari sindrom paru hantavirus (HPS) yang berpotensi mematikan termasuk dengan kelelahan, demam. Dan nyeri otot, terutama di paha, punggung, pinggul dan kadang hingga ke bahu. Seseorang mungkin juga akan merasa pusing, sakit kepala, kedinginan, muntah dan mengalami diare.