Jakarta, Liga178NewsKorea Utara tampak telah meledakkan kantor penghubung dengan Korea Selatan di kota perbatasan Kaesong pada Selasa 16/6.

Hal itu disampaikan sejumlah sumber militer Korsel dan tak lama dikonfirmasi Kementrerian Unifikasi Negeri Ginseng.

Kementrian Unifikasi Korsel melaporkan Korut meledakkan kantor penghubung itu sekitar pukul 14.29 waktu lokal.

Melansir kantor berita Yonhap, beberapa sumber militer Korsel di perbatasan menuturkan asap terlihat membumbung dari arah kantor tersebut tak lama setelah mendengar sebuah ledakan.

Insiden ini dipastikan semakin merenggangkan relasi Pyongyang-Seoul. Penghancuran kantor penghubung Inter-Korea ini terjadi beberapa hari setelah Pyongyang memberikan ultimatum kepada Seoul.

Pada Sabtu 13/6 pekan lalu, adik perempuan Pemimpin Tertinggi Kim Jong-un, Kim Yo-jong memperingatkan Seoul bahwa kantor penghubung kedua negara yang tidak berguna akan benar-benar runtuh.

Pemerintah Kim Jong-un terus mengancam Korsel dalam beberapa waktu terakhir karena dianggap gagal menghentikan aksi sejumlah aktivisnya yang terus mengirim selebaran anti-korut dari perbatasan kedua Negara.

Korut juga belum lama menyatakan telah memutus hubungan komunikasi militer dan politik dengan Korsel akibat insiden selebaran propaganda tersebut.