Bekasi, Liga178 News- Di tangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Kalimalang bekasi akan direvitalisasi. Berikut fakta-fakta Kalimalang yang akan di ubah menjadi sindah sungai di Korea.

Warga bekasi pasti tahu kalimalang, sungai yang selama ini membagi bekasi jadi 2 sisi. Oleh gubernur Ridwan kamil, Kalimalang akan direvitalisasi menjadi seindah seperti sungai di Korea Cheonggyecheon.

Beberapa Fakta yang didapatkan dari seputar Perubahaan Sungai Kalimalang, Bekasi:

1.Asal Usul Nama

Sesuai dengan namanya yaitu Kalimalang, Sungai ini tidak mengalir dari Hulu ke Hilir, melainkan malang alias melintang mulai dari Citara, Kali Bekasi sampai Kali Cakung, Hingga disebut kali yang malang. Akhirnya menjadi kalimalang seperti sekarang.

2.Dibuat secara Manual

Menurut Andi Sopandi, Budayawan Bekasim awalnya Kalimalang dibuat secara manual di Tahun 1960-an secara bersama-sama sebagai sumber air. Itu Ide dari zaman Soekarno.

3.Panjanganya 70 Kilometer

Aliran sungai Kalimalang berasal dari Bendungan Curug di Karawang dan masuk ke saluran Tarum Barat hingga ke Jakarta Timur. Jika dihitung panjangnya itu mencapai 70 Kilometer.

4.Digunakan untuk pertanian dan air minum

Dahulu, Kalimalang di bangun untuk saliran irigasi buat petanian warga. Ini terjadi di era tahun 1970-an. Persentasenya, 70 persen digunakan untuk mengairi pertanian dan sisanya 30 persen digunakan untuk air minum.