Jakarta, Liga178 – Dua pilot  jet tempur F-16 milik Angkatan udara belgia berhasil menyelamatkan diri sebelum pesawat itu jatuh di prancis pada kamis  (19/9) waktu setempat. Namun salah satu pilit tersangkut di kabel listrik bertegangan tinggi.

Kedua pilit tersebut berhasil kelar lewat kursi pelontar sebelum pesawat jatuh. “ pilot dan co-pilot berhasil keluar sebelum pesawat jatuh. Mereka kedua dalam keadaan hidup.” Kata kantor perwakilan belgia dalam sebuah pernyataan

Petugas evakuasi membutuhkan waktu dua jam untuk membebaskan pilot yang terjebak di kabel listrik tersebut. Dalam foto-foto yang di publiskan di media social, sang pilot tanpak bergelantungan di kabel karena parasut tersangkut di kabel listrik.

itu oprasi yang sensitif dan Panjang” kata pejabat senior setempat pierre clavreuil pada konferensi pers.” Juga di butuhkan ketenangan,” kata petugas brigade pemadam kebakaran.

Kedua pilot itu langsung dilarikan ke rumah sakit, tetapi bisa pulang bersama kelurga pada kamis malam.

Pesawat tersebut terbang dari belgia menuju pengkalan udara Angkatan laut prancis dalam rangka misi pelatihan.

Kecelakaan jet tempur tersebut juga mengakibatkan sejumlah rumah di sekitar lokasi mengalami kerusakan satu rumah dilaporkan rusak parah.

Meski demikian dipastikan tidak ada korban dari pihak penduduk. “ seorang wanita dirumah itu mengalami shock dan dilarikan ke rumah sakit.”

Komandan Angkatan udara belgia Frederik Vansia menduga insiden tersebut itu terjadi akibat masalah mesin. Akan tetapi, unutk memastikan penyebab pasti kecelakaan, akan dilakukan penyelidikan lebih lanjut.