Liga178 News, IndonesiaInstagram akan resmi menerapkan uji coba dengan menghilangkan jumlah Likes (suka) pada foto dan video yang di unggah pengguna di Indonesia.

Sebelumnya uji coba yang sudah dilakukan oleh delapan negara, kini sudah di berlakukan secara global di seluruh negara. Dibenarkan seluruh pengguna yang masuk ke dalam uji coba ini tidak akan melihat jumlah like dan view dari foto maupun video para pengguna lain yang ada di linamasa profile. Namun akan tetap bisa melihat jumlah like dan view dari postingan sendiri dengan mengetuk daftar like yang ada di bawah postingan.

Pekan lalu telah mencoba menyembunyikan jumlah likes pada beberapa akun selebriti dan influencer di Amerika Serikat (AS). Uji coba yang dilakukan pada tujuh negara seperti, AS, Kanada, Irlandia, Australia, Jepang, Brasil dan Selandia Baru. Instagram menyebutkan pengguna yang terdampak akan mendapat notifikasi di aplikasi mereka. Pemberitahuan yang menyebut bahwa pengguna merupakan bagian dari yang menjadi bagian uji menghilangkan jumlah likes pada isntargram.

Jual-beli likes dan followers merupakan salah satu hal yang jamak dilakukan pada media sosial. Beberapa penyedia jasa bahkan terang-terangan menjual angka-angka like dengan besaran harga yang ditawarkan beragam-ragam, tergantung pada jumlah likes yang diinginkan pembeli. Langkah uji coba ini pun penting bagi perjalanan Instagram yang berkomitmen untuk membangun ekosistem yang positif di media social agar penguna lebih nyaman.