Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa bahaya menggunakan Earphone yang terlalu sering. Hingga akhirnya mengganggu kesehatan kita sendiri.

Penggunaan earphone sebagai alat bantu untuk mendengarkan sesuatu ini dipilih karena bagi penggunanya bisa mendapatkan kenyamanan. Bentuknya yang simpel dan sederhana menjadikan banyak orang memilih produk ini untuk mendengarkan suara dari balik perangkat seperti handphone.

Sebagai alat yang dirasa sangat menguntungkan, tak banyak orang yang kemudian tidak bisa lepas untuk menggunakannya. Banyak orang yang menggunakan earphone hingga lupa waktu alias tidak ada batasan waktu.

Alih-alih ingin mendapatkan kenyamanan saat melakukan beragam aktivitas, ternyata ada dampak buruk bagi kesehatan dari keseringan menggunakan earphone.

Nah, sebelum masalah kesehatan muncul pada dirimu, ada baiknya kamu untuk mengetahui beberapa dampak buruk kesehatan karena sering menggunakan earphone.

– Kerusakan Permanen pada Telinga

Bahaya menggunakan earphone yang pertama adalah gangguan pendengaran. Penggunaan earphone yang terlalu sering ini biasanya banyak ditemui pada mereka yang masih muda atau remaja. Maka risiko munculnya gangguan pada telinga sangatlah besar.

Hal ini mungkin saja terjadi dikarenakan telinga kamu sudah tidak kuat lagi menaggung beban suara keras yang dihasilkan melalui earphone. Paparan suara berulang menyebabkan kerusakan telinga bagian dalam, yang pada akhirnya dapat menyebabkan gangguan pendengaran dan masalah kesehatan terkait pendengaran lainnya.

– Infeksi Pada Telinga

Earphone difungsikan digunakan untuk telinga, maka sangat memungkinkan penyebaran kuman atau bakteri di sekitar area pendengaranmu. Tak jarang, orang memperhatikan kebersihan dari earphone ini. Padahal ini memungkinkan earphone menjadi tempat bakteri berkembang biak.

Sering meminjamkan atau meminjam earphone, memberi kemungkinan untuk tertular banteri penyebab infeksi telinga. Oleh karena itu, sebisa mungkin kamu hanya menggunakan earphone secara pribadi saja. Bila kamu terpaksa untuk meminjam earphone, pastikan untuk membersihkannya terlebih dahulu sebelum menggunakannya.