Liga178 News – Ketua National Olympic Committee (NOC) Indonesia Raja Sapta Oktohari mengatakan masih banyak langkah yang harus disikapi terkait penundaan Olimpiade 2020. Mulai dari kelanjutan kualifikasi sampai pembiayaan.

Saat ini, NOC masih menunggu petunjuk teknis dan arahan lanjutan dari International Olympic Committee (IOC) menyoal kelanjutan kualifikasi atlet di masing-masing cabor

NOC juga sudah menanyakan langsung ke IOC teknis dari penundaan tersebut, karena proses kualifikasi masih ada yang belum selesai. Ini akan lanjut atau tidak,” kata Okto dan konferensi pers, Senin (30/3).

Sejauh ini, IOC belum menyebutkan detail dari penundaan karena hingga hari ini masih fokus pada penanganan Covid-19. IOC juga disebut Okto belum membuat kebijakan baru terkait kualifikasi yang sempat tertunda karena virus corona.

Sekjen NOC Indonesia, Ferry Kono menyebut sudah mengirimkan surat ke IOC berisi poin-poin penting setelah penundaan Olimpiade 2020 namun belum mendapatkan balasan. Jawaban itu yang nantinya jadi referensi NOC untuk disebar ke seluruh cabang olahraga.

Terlebih, 2021 akan menjadi tahun tersibuk dunia olahraga Indonesia. Selain Olimpiade yang ditunda ke 2021 penyelenggaraannya, ada lima ajang multievent olahraga lain yang sudah terjadwal untuk tahun depan; Asian Martial Indoor Games (AIMAG), Asian Winter Games, Asian Youth Games, Islamic Solidarity Games (ISG), dan SEA Games di Vietnam.