Jakarta, Liga178 News — Indonesia diprediksi selamat dari resesi ekonomi akibat pandemi virus corona. Prediksi diberikan mengacu kinerja di sektor kesehatan dan ekonomi Indonesia di tengah penyebaran virus corona.

Prediksi disampaikan media asal Amerika Serikat Politico. Dalam risetnya, Politico memberikan ranking kepada 30 negara terkait dampak pandemi pada ekonomi.

Dari hasil pengelompokan tersebut, mereka menyatakan Indonesia masuk dalam kategori negara yang membatasi kegiatan ekonomi dan perdagangannya secara ringan. Kebijakan Indonesia ini dianggap memungkinkan sebagian besar bisnis, kantor, dan sekolah tetap buka, walau dengan kapasitas yang berkurang.

Pengamat Ekonomi Universitas Indonesia Fithra Faisal Hastiadi mengatakan meskipun pertumbuhan ekonomi anjlok tetapi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tiga bulan pertama menjadi salah satu yang terbaik dibandingkan sejumlah negara lain.

eski punya potensi, ia tetap mengingatkan pemerintah. Menurutnya, Indonesia bisa benar- benar lepas dari resesi apabila penularan virus corona bisa diatasi.

Ini merupakan syarat mutlak yang harus dicapai agar Indonesia bebas dari jeratan resesi. Menurutnya, jika kurva positif Covid-19 tak kunjung berkurang, maka tekanan yang terjadi pada ekonomi juga berlangsung semakin lama.

Dihubungi terpisah, Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Pieter Abdullah mengamini pernyataan Fithra. Menurutnya Indonesia berpeluang terlepas dari resesi ekonomi jika penanganan Covid-19 berjalan maksimal.