Jakarta, Liga178 News – Rencana Indonesia membeli 11 jet tempur Sukhoi Su-35 dari Rusia selalu menjadi sorotan publik. Kontrak pembelian belasan pesawat perang itu sudah berjalan sejak setidaknya dua tahun terakhir.

Rusia mengakui pembelian Sukhoi ini tidak mudah lantaran banyak hal teknis, termasuk soal pembayaran, yang harus dirampungkan sebelum pesawat-pesawat itu dikirim ke Indonesia.

Rusia juga tak menampik bahwa tekanan dari negara lain turut mengganggu proses pembelian Sukhoi ini.

Rusia sempat mengatakan Indonesia menerima tekanan dari pihak asing terkait rencana pembelian Sukhoi. Apakah Rusia tahu tekanan ini datang dari siapa?

Sebenarnya ini bukan rahasia lagi jika Amerika Serikat kerap memberikan serangkaian tekanan terhadap setiap negara yang memiliki niat untuk membeli peralatan militer dari Rusia. Indonesia pun tidak luput dari tekanan itu.

Yang terpenting adalah negara yang ingin membeli alutsista dari Rusia siap untuk benar-benar independen dan Kami sangat mengapresiasi bahwa Indonesia memiliki kebijakan luar negeri yang independen dan tidak tunduk terhadap negara mana pun. Indonesia sangat berdaulat dalam menentukan keputusan terutama dalam menentukan strategi pertahanan mereka. Itu hal yang terpenting.lam kebijakan politik luar negeri, dan strategi militernya.