Liga178 News, Jakarta – Presiden ke-3 Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie dilarikan ke Rumah Sakit Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto akibat kesehatannya yang menurun dalam beberapa hari terakhir.

“Dengan hormat bersama ini kami konfirmasikan bahwa Bapak BJ Habibie saat ini sedang menjalani perawatan yang intensif oleh Tim Dokter Kepresidenan (TDK) di RSPAD Gatot Soebrot” ujar Rubijianto, Sekretaris Pribadi (Sespri) BJ Habibie saat di konfirmasi pada awak media, Minggu (8/9/2019).

Pada penjelasan tersebut, Rubjianto tidak menjelaskan secara detail pada kondisi mengenai kapan Habibie dilarikan ke RSPAD, salah satunya pada penyakit apa yang diderita Habibie hingga harus di larikan ke rumah sakit dan mendapatkan perawatan intensif. Sebelumnya, Habibie sempat dirawat di Jerman setelah mengalami kebocoran klep jantung.

Saat ini, kebocoran jantung yang dialami Habibie hampir sama dengan sakit yang diderita almh sang istri Ainun Habibie. Kebocoran jantung yang dialami membuat air menumpuk di paru-paru Habibie hingga 1,5 liter sehingga ia pun merasakan sulit untuk bernapas di samping tekanan darah hingga meningkat 180 mmHg.

Sesuai dengan petunjuk tim dokter kepresidenan (TDK), maka untuk sementara ini waktu Bapak Habibie belum diizinkan untuk dikunjungi, Habibie harus beristirahat penuh agar mendapat perawatan optimal’ ujar Rubijanto melalui keterangan tertulis, Minggu (8/9/2019).

Hingga sampai saat ini, belum ada keterangan resmi mengenai kapan waktu masuk dan penyakit apa yang di derita Pak Habibie hingga harus mendapatkan peraawatan intensif.