Liga178 News, Indonesia – Dunia Teknologi berkembang dan pasti saja terus berkembang, salah satunya adalah Koneksi Jaringan 5G yang akan keluar di Indonesia.

Kabar baik bagi kalian yang sudah menunggu sejak lama untuk keluarnya 5G di Indonesia, kabarnya Telkomsel telah dalam tahap Uji Coba dan jika tidak ada kendala dalam tahap Uji Coba tersebut, 5G dikabarkan akan datang di tahun 2020.

Tentu saja masih saja ada banyak masyarakat awam yang belum mengerti akan kegunaannya jaringan 5G secara umumnya, oleh karena itu Telkomsel telah memberikan beberapa Manfaat 5G secara garis besarnya. Apa saja-kah itu? Mari kita lihat manfaat yang telah diresmikan oleh Telkomsel dibawah ini ya!

  1. Smart Air Patrol (Pengawasan Air Drone)

Pengawasan Air Drone / Smart Air Patrol akan diterapkan untuk industry Minyak & Gas yang dimana ketimbang lebih murah jika menggunakan Air Drone untuk memantau Saluran Pipa ketimbang menggunakan helikopter.

  1. Pemantauan Lalu Lintas di Kota – Kota Indonesia

Smart Surveillance adalah sistem keamanan yang akan sangat membantu dalam pemindaian plat nomor dan dengan gambar HD. Sistem ini juga mampu mengenali wajah dalam keadaan real-time yang artinya bisa beroperasi selama 24 jam non-stop. Dipastikan tingkat kriminalitas akan berkurang secara signifikan dengan sistem ini.

  1. Teknologi VR (Virtual Reality)

Suka bermain? VR dikatakan akan booming dengan adanya jaringan 5G dan terus terang saja hal ini pasti akan terjadi, dikarenakan kita semua tahu bahwa insdustri game sendiri akan selalu berkembang, apalgi dengan VR. Semakin bagus graphic yang di berikan semakin besar jaringan yang dibutuhkan untuk bermain layaknya hidup di dunia virtual dan hal ini yang menjelaskan kenapa kita butuh jaringan 5G.

  1. Perencanaan Kota

JIka tadi hanya pure untuk kesenangan Anda, bagaimana dengan sesuatu yang lebih realism? Telksomsel menyatakan dengan adanya VR, selain untuk kebutuhan kesenangan semata, VR bisa membantu sketsa pembangunan 3D tanpa adanya kesalahan dan lebih akurat.

  1. Koneksi Super Cepat

Seperti yang telah diketahui diatas bahwa jaringan 5G adalah Jaringan Super Cepat untuk saat ini. Bagi kalian yang hidupnya di dalam dunia modern, Telkomsel menyatakan tidak perlu lagi kalian takut akan adanya ketelambatan informasi ataupun pengunduhan berkas, 5G akan terasa seperti seperkian detik.

  1. Cloud Gaming

Bagi kalian yang Gamer dan suka Streaming, Cloud Gaming adalah salah satu hal yang paling diperlukan dalam industri kreativitas seperti ini. Seperti yang dikatakan di point 5, Streaming menjadi sangatlah cepat dengan adanya jaringan 5G, tetapi selain untuk Game ada juga point lainnya yang bisa di streaming-kan, seperti pembelajaran, dll.

  1. Membantu Industri 4.0

Industri Logistik sangatlah booming saat ini, Amazon dan media Online Shopping lainnya sangatlah bergantung akan adanya data yang akurat. Degan adanya jaringan yang cepat, semakin cepat pula pendataan barang melalui Online. Baik itu via Komputer ataupun melalui Handphone 5G itu sendiri.

Saat ini Uji Coba jaringan 5G masih dilakukan di kantor Telkomsel Smart Office (TSO) Batam, Kepulauan Riau yang dimana di pulau tersebut telah mendap atkan frekuensi jaringan sebesar 3,5 GHz yang dimana relatif bisa digunakan untuk Uji Coba tersebut.

Direktur of Planning & Transformation, Edward Ying menyatakan tujuan mengapa Telkomsel untuk saat ini sedang melakukan Uji Coba jaringan 5G “Uji coba jaringan 5G untuk segmen industri ini merupakan upaya Telkomsel dalam mengakselerasikan kesiapan ekosistem sehingga dapat mengadopsi teknologi 5G dan mendorong peningkatan kualitas, produktivitas, otomasi, dan efisiensi di dalam operasional industri.”