Liga178 News – Pesawat Batik Air A330 digunakan untuk menjemput 245 Warga Negara Indonesia (WNI) telah tiba di Wuhan, China yang terjebak akibat wabah virus corona itu tiba di Bandara Tianhe pukul 19.00 waktu setempat.

Pesawat itu sebelumnya lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno Hatta Tanggerang Banten pada pukul 13.00 WIB. Hasil evakuasi itu dilakukan melalui jalur udara, namun yang terpilih bukan dari maskapai nasional Garuda Indonesia melainkan Batik Air, mengapa ?

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, penerbangan evakuasi dari Wuhan adalah misi kemanusian. Karena misi kemanusian, pemerintah China menyaratkan penerbangan harus dilakukan oleh operator yang memiliki izin penerbangan regular ke / dari Wuhan.

Namun, Garuda Indonesia tidak memiliki rute penerbangan langsung ke Wuhan, sedangkan maskapai seperti Lion Air dan Sriwijaya memiliki rute penerbangyan langsung. Akhirnya, pemerintah menunjuk Batik Air yang merupakan Lion grup.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kesehatan Terawan, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melepas tim penjemputan untuk mengevakuasi 245 orang WNI yang masih berada di Provinsi Hubei.

Tim diberangkatan dengan menggunakan maskapai Batik Air jenis pesawat Airbus 330-300 dari Terminal 1B Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang Banten, Sabtu (1/2/2020).