Liga178 News, Pekanbaru Banjir masih menggenangi permukiman warga di bantaran Sungai Kampar, Kabupaten Kampar, Riau.

Melalui data dari Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Riau, tercatat sebanyak 7,967 Kepala Keluarga (KK) yang terkena dan terdampak banjir.

“Untuk jumlah KK yang terdampak banjit kurang lebih 7,967 KK dengn jumlah jiwa sebanyak 21.689 orang,” Senin (16/12/2019).

Kepala bidang Kedaruratan BPBD Riau Jim Gafur menuturkan banjir di Kampar merendam Sembilan kecamatan, yakni Kecamatan Kampa, Kampar Kiri, Kampar Kiri Hillir, Tambng, Siak Hulu, Kampar Utara, Rumbio Jaya, Kampar dan Kecamatan Gunung Sahilan.

Akibat genangan banjir ini berdampak pula kepada aktivitas warga dalam kehidupan sehari-hari, selain pada rumah warga, banjir juga merendam 99 unit fasilitas umum. Seperti sekolah, rumah ibadah, dan juga pada kantor pemerintahan serta 5,679 hektar lahan pertanian, seperti kebun sawit, karet, padi dan juga pada lainnya.

Hingga hari ini, beberapa titik daerah yang tergenang banjir sudah mulai surut setelah buka pintu waduk PLTA Koto Panjang diperkecil. Bahkan pada beberapa desa yang sebelumnya terdampak banjir, hingga saat ini sudah kembali surut dan mulai mongering. Hingga saat ini belum ada korban jiwa yang disebutkan untuk tetap waspada beraktivitas di genangan banjir